Kerajinan Angklung dan Seruling Cibuntu Butuh Sentuhan Pemda

Kerajinan Angklung dan Seruling Cibuntu Butuh Sentuhan Pemda
Spread the love

Desa wisata Cibuntu terus berbenah untuk menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sebagai Desa Wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada tahun 2016 untuk bidang homestay. 

Selain homestay banyak sekali potensi yang ada disana baik yang sudah berkembang ataupun yang sedang dikembangkan, salah satu potensi yang sedang dikembangkan untuk menjadi daya tarik adalah Pusat Kerajinan Angklung dan Seruling “Pojok Awi”.

Seperti diketahui beberapa tahun yang lalu Kabupaten Kuningan sudah dideklarasikan sebagai Kabupaten Angklung. Deklarasi Kuningan Sebagai Kabupaten Angklung saat itu didasari atas keinginan besar untuk mengangkat potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Kuningan.

Dari Kuningan lahir karya seni phenomenal yang telah mendunia yakni seni angklung, masyarakat Kabupaten Kuningan harus merasa bangga bahwa Kabupaten Kuningan pernah mengukir sejarah lahirnya seni angklung.

Sejalan dengan tujuan melestarikan seni angklung, desa wisata Cibuntu secara konsisten tetap memelihara seni budaya, baik dalam kehidupan sehari-hari, kuliner, tradisi dan kesenian. Angklung selalu ditampilkan sebagai musik pengiring bahkan sebagai atraksi wisata.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, Kabid Pemasaran Disporapar Kabupaten Kuningan, Teti Sukmawati menyampaikan kekagumannya atas keramahan warga kepada setiap tamu yang berkunjung ke desa, budaya lokal yang selalu dijaga dan dilestarikan.

“Cibuntu pantas untuk dikunjungi, desanya bersih, masyarakatnya sangat ramah dengan budaya yang tetap dilestarikan, makanya kami datang kesini” Ujar Bu Kabid Pemasaran Disporapar Kabupaten Kuningan yang baru beberapa Minggu menjabat ini.

Bersama Kasie Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Bidang Pemasaran Disporapar, Sri Mulyati dan beberapa staff Disporapar Kabupaten Kuningan, Rombongan disambut langsung oleh Kepala Desa Cibuntu, Abah Awam, yang kemudian mengajak untuk melihat-lihat Homestay, Pusat Kerajinan Angklung dan Seruling “Pojok Awi, dan berbincang santai di Pendopo Pager Gunung Campsite Desa Wisata Cibuntu.

“Cibuntu juga khan produksi Angklung dan seruling yang selama ini banyak dibeli oleh wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Cibuntu, semoga dengan kunjungan ini, Kami bisa membantu dan mendorong agar banyak yang memesan Angklung ke Cibuntu” Lanjut Teti

Sementara itu, Mang Dede salah satu Pelaku Seni yang mengelola Pusat Kerajinan Angklung dan Seruling “Pojok Awi” berharap dukungan Pemerintah khususnya Pemkab Kuningan tentunya sangat diharapkan, sebagai Kabupaten yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Angklung sudah saatnya dukungan riil diberikan kepada para pengrajin Angklung seperti di desa Cibuntu.

“Kami sangat berharap bantuan promosi dan pemasaran dari Pemda” Pungkas Dede. (Beng)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *