‘Ameng’ ke Cibuntu, Ketua DPRD Jabar Kagumi Pesonanya

‘Ameng’ ke Cibuntu, Ketua DPRD Jabar Kagumi Pesonanya
Spread the love

Desa wisata merupakan sebuah bentuk penyesuaian antara akomodasi, atraksi dan fasilitas yang mendukung untuk disajikan pada suatu struktur yang menyatu pada kehidupan masyarakat.

Kunci keberhasilan sebuah desa menjadi desa wisata tentunya juga harus didukung dengan konsep yang baik pula. Sektor pariwisata akan menyebabkan perekonomian masyarakat lokal menggeliat dan menjadi stimulus berinvestasi dan menyebabkan sektor keuangan bertumbuh seiring bertumbuhnya sektor ekonomi lainnya.

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Mengetahui prestasi dan pesona yang dimiliki desa di wilayah utara Kabupaten Kuningan ini, Ketua DPRD Jabar, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat bersama keluarga mengunjungi desa Wisata Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kuningan untuk melihat dan membuktikannya secara langsung.

Sesampainya di Desa Cibuntu, selepas menjalankan ibadah Sholat Jumat bersama warga di Masjid Darussalam Desa Cibuntu, digelar upacara penyambutan tamu khas Desa Wisata Cibuntu. Ketua DPRD Jabar yang sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat ini, dengan diiringi lengser dan penari disambut oleh Kepala Desa Cibuntu, H. Awam.

“Ini mah Ameng (main) ka lembur sorangan, saya lahir di Cirebon, kalau istri saya dari Kuningan” ujar Purnawirawan Jenderal kelahiran Cirebon 60 tahun yang lalu ini.

Menurut Pria yang pernah menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI ini, dirinya mengetahui Desa wisata Cibuntu saat diperlihatkan Video oleh Disparbud Provinsi Jabar yang menayangkan tentang pesona yang dimiliki oleh Desa Wisata Cibuntu.

“Kemarin malam saya lihat tayangannya, hari ini saya berkunjung kesini untuk melihat langsung, luar biasa memang desa ini” Jelas Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat.

Ketua DPRD Jabar ini berharap dari hasil kunjungannya ke Cibuntu, ada hal yang bisa diserap dan bermanfaat bagi Desa Wisata Cibuntu khususnya dan pengembangan wisata Kuningan pada umumnya.

“Jalannya harus dilebarkan lagi, nanti kita coba bantu secara prosedural tentunya, pulang dari sini kalau dari saya langsung akan bantu promosikan, abring-abringan ini harus manfaat” Lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibuntu, H. Awam mengatakan, Sapta Pesona adalah salah satu kunci untuk menjaga desa wisata Cibuntu agar selalu dikunjungi wisatawan.

“Kuncinya adalah kita semua yang ada di desa wisata Cibuntu selalu menerapkan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari. Sapta Pesona itu meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan,” ujarnya

Dihadapan Ketua DPRD jabar, Kepala Desa berharap adanya dukungan terkait keinginan warga Desa Cibuntu yang menginginkan adanya renovasi Masjid Darussalam, agar tempat ibadah di Desa Wisata ini lebih representatif guna mendukung wisata yang agamis sesuai dengan Visi Kuningan Maju. (Beng)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *