Serunya Ibu-Ibu Desa Cibuntu Belajar Komunikasi dengan Bahasa Ingris

Serunya Ibu-Ibu Desa Cibuntu Belajar Komunikasi dengan Bahasa Ingris
Spread the love

Sebagai Kabupaten tujuan wisata, masyarakat di Kabupaten Kuningan harus sudah menyiapkan diri untuk menerima kunjungan baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi sesuai Visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinujul Berbasis Desa Tahun 2023) , salah satu program dari Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan adalah menciptakan 25 Desa Wisata untuk 5 tahun kedepan.

Desa-Desa Wisata hendaknya juga harus sudah mempersiapkan guide-guide yang bisa memberikan informasi dan bimbingan serta saran kepada wisatawan dalam melakukan aktivitas wisatanya. Masyarakat desa di sebuah desa wisata sedikit-sedikit harus dapat menerapkan penggunaan bahasa Inggris agar dapat berinteraksi dengan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke desanya.

Seperti halnya yang terlihat di Desa Wisata Cibuntu, tampak keseruan ibu-ibu rumah tangga sedang berlatih Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari yang dipandu oleh salah seorang instruktur Yayasan Bakti Durriya Cirebon.

Nurhayati, Yayasan Bakti Durriya Cirebon menjelaskan kegiatan yang dilakukan yayasannya di desa Cibuntu bersifat sosial, menurutnya kemampuan masyarakat dalam berbahasa inggris, apalagi Cibuntu sebagai sebuah desa wisata yang sudah cukup dikenal baik nasional maupun regional sangat dibutuhkan.

“untuk membantu kawan-kawan disini,  bersama-sama kita belajar bahasa inggris agar mereka mampu berkomunikasi aktif bahasa inggris dalam keseharian ataupun dalam pekerjaan” Jelas Nurhayati.

Nurhayati menambahkan bahwasanya kemampuan bahasa inggris ini tidak dibatasi usia, dalam sebuah desa wisata semakin banyak penduduk yang mampu berbahasa inggris dengan baik, semakin baik pula untuk desa wisata tersebut.

“sudah ada 50 warga yang rutin belajar bahasa inggris bersama, dari anak SD kelas 2-6, SMP kelas 7-9, Karang  Taruna, dan seperti yang terlihat ibu-ibunya juga semangat belajar bahasa inggris” Lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibuntu, Awam mengatakan saat Wisatawan Mancanegara semakin banyak berkunjung ke desa-desa wisata tersebut, tentunya juga harus didukung dengan kesiapan masyarakat dalam menyambut lnjakan kunjungan wisatawan ini.

“Cibuntu sering didatangi wisatawan dari luar negeri, turis asing datang ke tempat wisata kita bisa memandu mereka, atau berinteraksi dengan wisatawan tersebut.” Pungkas Kades yang akrab dipanggi Abah kuwu ini.(Beng)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *