Gubernur Jabar Minta Kades Cibuntu “Naik Kelas”

Gubernur Jabar Minta Kades Cibuntu “Naik Kelas”
Spread the love

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih banyak penghargaan tingkat nasional. Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. 

Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia, dan banyak prestasi-prestasi lainnya.

Salah satu Tokoh dibalik keberhasilan-keberhasilan yang diraih Desa Cibuntu bersama masyarakatnya ini adalah Awam, Kepala Desa yang sudah memimpin Desa Cibuntu selama 3 kali periode kepemimpinan.

Di usianya yang sudah lebih dari 70 tahun ini, Kepala Desa yang bisa dipanggil Abah ini tetap memiliki semangat untuk menjadikan Desa Cibuntu menjadi sebuah Desa Wisata yang berbasis kepada pemberdayaan masyarakat.

Abah Awam adalah seorang Kepala Desa yang memiliki kecintaan pada lingkungan dan seni budaya sehingga desanya menjadi desa wisata yang terkenal, Abah Kuwu demikian biasa dirinya dipanggil mampu memadukan pelestarian seni budaya, kondisi alam, dan kehidupan masyarakatnya sebagai kearifan lokal untuk menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang ke desanya

Saat hadir dalam cara Sedekah Bumi di Desa Cibuntu, Gubernur Jawa Barat, H.M Ridwan kamil selain meminta agar masyarakat Desa Cibuntu untuk konsisten dalam menjaga tradisi, kearifan lokal dan keramah-tamahan warganya, Kang Emil juga meminta secara khusus agar  Abah Awam “Naik Kelas” dan jangan hanya berpuas diri di Desa Cibuntu.

“Saya titip Ke Abah Awam, jangan berpuas diri dulu hanya di Desa Cibuntu, Abah ini harus jadi guru dari semua desa-desa di kabupaten Kuningan” Jelas kang Emil.

Kang Emil berharap, Abah bisa menjadi Tokoh Panutan di Kabupaten Kuningan dalam rangka membangun desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Kuningan, selain Desa Cibuntu.

“Saya titip tolong naik kelas, Abah harus naik kelas, maqomnya naik, tidak hanya Cibuntu Abah harus jadi bapak Pembangunan Wisata di Desa-Desa lainnya juga”

Untuk itu, kang Emil meminta kepada Camat Pasawahan yang juga hadir dalam acara Sedekah Bumi ini agar dapat memusyawarahkan bagaimana caranya agar Abah Awam bisa “naik kelas” menjadi bapak Pembangunan Wisata di Kabupaten Kuningan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *