Kang Emil Apresiasi STP Trisakti dalam Pengembangan Pariwisata Kuningan

Kang Emil Apresiasi STP Trisakti dalam Pengembangan Pariwisata Kuningan
Spread the love

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, banyak pihak yang mengakui dan mengapresiasi konsistensi Sekolah Tinggi Pariwisata Jakarta dalam membantu Pemda Kuningan untuk membangun sektor Pariwisata yang ada di Kabupaten Kuningan dengan mengedepankan pembinan dan pemberdayaan masyarakat.

Pembinaan dan pendampingan yang dilakukan STP Trisakti untuk desa-desa wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, salah satu yang bisa kita lihat hasilnya adalah Desa Wisata Cibuntu. Desa yang dirintis oleh STP Trisakti sejak tahun 2012, yang saat ini sudah menjadi Desa Wisata yang banyak meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan Novita Widyastuti, Kepala Pusat Bisnis Kepariwisataan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti saat berbincang santai dengan Gubernur Jawa Barat, Kang Emil di Joglo Desa Wisata Cibuntu. Kang Emil sendiri datang berkunjung ke Cibuntu untuk menghadiri acara Sedekah Bumi di salah satu desa binaan STP Trisakti ini.

“Kita sudah sejak hampir sepuluh tahunan akrab dengan Cibuntu, dan untuk tahun ini STP Trisakti sedang melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap 5 desa wisata yang ada di Kabupaten Kuningan” Jelas Novi kepada Kang Emil.

Novi bercerita, saat ini STP Trisakti juga sedang fokus melakukan program penelitian pemanfaatan produk retur tape ketan kuningan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Menurut Novi, salah satu sentra pembuat tape ketan adalah Desa Cibeureum Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan, sampai saat ini para Produsen Tape Ketan yang ada di desa tersebut belum memahami bagaimana mengelola limbah dari industri tape ketan menjadi produk olahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“ini menindaklanjuti program penelitian pemanfaatan limbah retur tape ketan kuningan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang dipercayakan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama kepada STP Trisakti dan kita sudah mempresentasikan 15 macam produk telah diuji coba kepada Beliau (Bupati)” Lanjut Novi.

Mendengar hal tersebut, Kang Emil terlihat sangat senang dan mengapresiasi konsistensi STP Trisakti dalam membangun sektor pariwisata di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Kuningan.

Bahkan dalam sambutannya di Acara Sedekah Bumi, Kang Emil menyatakan langsung apresiasi kepada STP Trisakti ini dihadapan semua undangan yang hadir.

 “Makanya saya ucapkan terima kasih,  STP Trisakti yang selalu membimbing pengembangan pariwisata Kabupaten Kuningan, saya kira itu adalah contoh kolaborasi yang baik untuk mengembangkan potensi desa wisata” Ujar Kang Emil dalam sambutannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *